Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur

SHARE:

Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur

Apa Pengertian dari Neraca?

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas pada akhir periode tersebut.

Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu: aset, liabilitas, dan ekuitas dan yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:  

Aset = liabilitas + ekuitas.

 Apa Yang dimaksud dengan Neraca Lajur?

Neraca lajur adalah suatu kertas berkolom-kolom atau berlajur-lajur yang direncanakan secara khusus untuk menghimpun semua data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan secara sistematis.

Dalam Neraca Lajur Kita akan melakukan penyusunan jurnal penyesuaian yang digunakan untuk persiapan menyusun neraca dan laporan laba rugi. 

Dengan menyusun jurnal penyesuaian, maka perkiraan riil dan perkiraan nominal akan menunjukkan saldo yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi. 

Oleh karena itu, agar penyusunan laporan keuangan dapat dilakukan dengan teliti dan benar, diperlukan suatu alat yang disebut neraca lajur atau kertas kerja.

[post_ads]

Siapa Pihak Yang Membutuhkan Informasi dari Neraca Lajur?

Neraca lajur bukan merupakan laporan keuangan maka tidak perlu diberikan kepada pihak luar seperti kreditur, pemegang saham dan sebagainya.

Perlu disadari juga neraca lajur tidak dapat menggantikan kedudukan pencatat akuntansi atau laporan keuangan dan semata-mata hanya merupakan alat pembantu untuk laporan keuangan.

Walaupun demikian neraca lajur ini sangat diperlukan oleh pihak manajemen perusahaan untuk dapat melihat perkiraan-perkiraan yang terjadi dalam kegiatan perusahaan sehari-hari, sehinggas pihak manajemen dapat mengontrol setiap pengeluaran atau biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam menunjuang kegiatan atau operasinya.

Baca juga : Pengertian, Bidang, dan Pihak yang berkepentingan dengan Akuntansi

Apa Manfaat Membuat Neraca Lajur?

Neraca lajur merupakan suatu landasan untuk memeriksa dimana rekening buku besar disesuaikan, diseimbangkan dan disusun menurut cara yang sesuai dengan penyusunan rekening dalam laporan keuangan. 

Pemakaian neraca lajur juga dapat menunjukkan prosedur yang perlu dilakukan untuk menyusun laporan keuangan telah dilaksanakan seluruhnya.

Berikut Tujuan Penyusunan dan pemakaian neraca lajur adalah: 

a. Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan.

b. Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian, sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuangan yang formal.

c. Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.

Bagaimana Proses Membuat Neraca Lajur?

Langka-langkah menyusun neraca lajur dalam akuntansi adalah:

1. Membuat Format Neraca Lajur
2. Isi Kolom No. Akun dan Nama akun Beserta Saldo Akunnya
3. Isi Kolom Jurnal Penyesuaian.
4. Mengisi Kolom Neraca Saldo Setelah Penyesuaian
5. Mengisi Kolom Neraca
6. Mengisi Kolom Laporan Laba Rugi

Bagaimana Bentuk Format Neraca Lajur?

Berikut format neraca lajur:  

Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur


Bagaimana Cara Mengisi Kolom No. Akun dan Nama akun Beserta Saldo Akunnya?

Pada kolom No akun dan nama akun isikan dengan nomor akun dan nama akun yang tertera pada neraca saldo. 

Kemudian untuk kolom neraca saldo, isi dengan saldo saldo akun yang tertera pada neraca saldo yang sudah di buat sebelumnya.

Contoh tabel dalam jutaan:

Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur

Cara pengisiannya:

Untuk yang baris jumlah itu di isi dengan jumlah debet dan kredit dari kolom neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, neraca, dan laporan laba rugi.

Untuk baris laba atau rugi itu adalah baris yang menunjukan nominal laba atau rugi dari perusahaan.

Dan yang terakhir baris total kolom neraca dan laba rugi di isi dengan total jumlah dari kolom neraca dan laporan laba rugi.

 

Bagaimana cara Mengisi Kolom Jurnal Penyesuaian di Neraca Lajur?

Untuk kolom jurnal penyesuaian isilah dengan nominal-nominal yang telah dicatat dijurnal penyesuaian sebelumnya.

Contohnya seperti ini:

Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur

Untuk jurnal penyesuaian contoh diatas hanya menyesuaikan pemakaian perlengkapan, penyusutan peralatan, dan penyusutan gedung, anda bisa masukan sesuai dengan jurnal penyesuaian yang sudah di buat sebelumnya.

Baca juga : Pengertian, Tujuan dan Komponen Laporan Keuangan

Bagaimana Cara Mengisi Kolom Neraca Saldo Setelah Penyesuaian?

Prosesnya adalah dengan mengurangi atau menjumlah atau di sebut dengan menselisihkan tiap nominal akun yang ada pada kolom neraca saldo dengan akun yang ada pada kolom jurnal penyesuaian. 

Jika pada kolom neraca sado saldo akun di debet dan pada kolom jurnal penyesuaian ada saldo akun yang sama dengan nominal tertentu di sebelah kredit, maka nominal akun yang ada pada jurnal penyesuaian dapat mengurangi nominal akun yang ada pada neraca saldo.

Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur

Bagaimana Cara Mengisi Kolom Neraca?

Untuk mengisi kolom ini hanya memindahkan semua akun-akun neraca yang ada pada kolom neraca saldo setelah disesuaikan.

Akun neraca adalah semua akun rill atau akun yang bersifat nyata.

Yang termasuk ke dalam akun neraca adalah semua akun kecuali akun beban dan akun pendapatan.

Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur

Ketika anda mengisi baris jumlah pada kolom debet dan kredit yang ada pada kolom neraca, biasanya terjadi perbedaan antara kolom debet dan kredit. 

Hal disebabkan karena ada sebuah keuntungan atau kerugian pada perusahaan tersebut.

Jika pada kolom neraca jumlah kolom debetnya lebih besar dari pada kolom kreditnya maka perusahaan tersebut artinya mendapat keuntungan, sebaliknya maka prusahaan mengalami kerugian. 

Bagaimana Cara Mengisi Kolom Laporan Laba Rugi?

Cara mengisi kolom ini ialah dengan memindahkan semua saldo akun nominal yang ada pada kolom neraca saldo setelah penyesuaian ke kolom laporan laba rugi. 

Pengisian ini merupakan kebalikan dari pengisian klom neraca.

Akun nominal itu merupakan kebalikan dari akun rill, akun rilll bukan akun beban dan pendapatan, justru akun nominal adalah semua akun pendapatan dan semua akun beban.

Baris laba atau rugi pada kolom laporan laba rugi nominalnya berada di sebelah debet. 

Karena pada kolom laporan laba rugi ini jika perusahaan mengalami keuntungan maka akan lebih besar jumlah kolom kredit dari  pada debet pada kolom laporan laba rugi. 

Untuk mengisi baris laba atau rugi anda tidak usah bingung. 

Karena baris tersebut hanya berisi selisih antara debet dan kreditnya. 

Dan jumlah yang paling besarnya di simpan di baris total kolom neraca dan laba rugi.

Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur

Tabel neraca lajur benar apabila jumlah nominal baris laba atau rugi pada kolom neraca dan kolom laporan laba rugi nominalnya sama. 

Penempatan antara debet dan kreditnya berbeda pada klom neraca di catat di sebelah kredit dan pada kolom laporan laba rugi dicatat di sebelah debet.

COMMENTS

Nama

Akuntansi,14,auditing,1,Bank,1,Bisnis,11,Bisnis Online,1,Etika,4,Forex,2,Karir,1,Kas,2,kepemimpinan,2,kuliner,1,Manajemen,8,Peluang Bisnis,8,Pengantar akuntansi,5,Sistem Informasi Akuntansi,1,support resistance,1,
ltr
item
Catatanlogi: Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur
Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur
Pengertian, Contoh Format, dan Cara Membuat Neraca Lajur, Tujuan Membuat Neraca Lajur, Cara Membuat Neraca lajur, Contoh format neraca lajur
https://1.bp.blogspot.com/-TdzGnupT9KQ/YBFGR0skQ3I/AAAAAAAAoWk/89fnvik2sMMZZVfzlvs1LRDoE0tJKbCKACLcBGAsYHQ/w320-h213/ledger.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TdzGnupT9KQ/YBFGR0skQ3I/AAAAAAAAoWk/89fnvik2sMMZZVfzlvs1LRDoE0tJKbCKACLcBGAsYHQ/s72-w320-c-h213/ledger.jpg
Catatanlogi
https://www.catatanlogi.com/2021/01/Neraca-lajur.html
https://www.catatanlogi.com/
https://www.catatanlogi.com/
https://www.catatanlogi.com/2021/01/Neraca-lajur.html
true
6861087664630502570
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy