16 Peluang Kerja dan karir untuk Lulusan Akuntansi

SHARE:


16 Peluang Kerja untuk Lulusan Akuntansi
— Setelah lulus pendidikan akuntansi baik yang SMK maupun Mahasiswa pasti akan mulai menata karir dan mencari lowongan kerja di bidang akuntansi.

Atau untuk lulusan SMU masih mempertimbangkan jurusan apa yang akan di ambil dan tertarik untuk masuk ke jurusan akuntansi. 

Maka wajib untuk mengetahui apa saja peluang kerja dan karir untuk lulusan akuntansi.

Menjadi Pengusaha

Jika kita memiliki jiwa bisnis maka setelah lulus dari sekolah atau kampus kita bisa memulai fokus untuk membuka usaha sendiri atau mengembangkan usaha yang sudah jalan.

Dengan Ilmu akuntansi yang kita miliki kita bisa langsung mempraktekkan ke dalam bisnis kita sehingga memiliki catatan laporan keuangan yang bisa kita analisis sendiri

Admin Pengelola Piutang

Sebagai admin yang mengelola piutang perusahaan maka tugas kita adalah menangani proses akuntansi piutang secara akurat dan tepat waktu dengan memasukkan data dan menyiapkan bukti transaksi seperti:

  •     Sales invoice
  •     Sales jurnal
  •     Account Receivable jurnal
  •     Outstanding balance
  •     Account Receivable aging report
  •     Account Receivable reconciliation.

Admin Pengelola Utang

Admin Pengelola utang bertugas untuk mempersiapkan segala dokumen terkait dengan utang perusahaan seperti:

  •     Invoice,
  •     laporan perpajakan,
  •     Prepaid expenses
  •     Accrual and balance sheet reconciliation.

Perencana dan konsultan Keuangan

Semakin meningkatnya kesejahteraan di indonesia, maka sudah dapat dipastikan akan bermunculan pihak pihak yang akan membutuhkan bantuan dari seorang perencana keuangan

Tidak semua orang yang bisa menjadi perencana keuangan yang profesional, untuk menjadi perencana keuangan tentu dibutuhkan ilmu dan keahlian di bidang ekonomi dan keuangan serta memiliki pengalaman kerja di bidang ekonomi dan keuangan.

Jika kita baru saja lulus dari sekolah atau kampus, bisa memilih untuk magang terlebih dahulu di perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi dan keuangan

Setelah kita memiliki pengalaman, selanjutnya kita bisa mengikuti pelatihan dari beberapa lembaga yang berkewenangan meneluarkan sertifikasi profesi perencana keuangan

Berikut lembaga lembaga yang mengeluarkan sertifikasi perencana keuangan:

[post_ads_2]

Credit Analyst

Tugas utama jika kerja sebagai credit analyst adalah menganalisa kemampuan seorang debitur dalam membayar pokok pinjaman beserta bunganya.

Profesi credit analyst banyak dibutuhkan perusahaan seperti bank dan lembaga leasing.

Baca juga : Pentingnya Peran, Fungsi dan sistem Akuntansi dalam Perusahaan Besar dan Kecil

Financial Analyst

Tugas seorang Financial analyst adalah menidentifikasi, memprediksi, dan kecendurungan perusahaan dengan menganalisis Laporan Keuangan Perusahaan sehingga dapat memberikan solusi untuk mengurangi resiko bisnis dan menilai kemampuan perusahaan di masa yang akan datang.

Seseorang cocok untuk berkaris sebagai seorang analis keuangan berpikir logis, memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tekanan pekerjaan yang tinggi serta tegas dan percaya diri dalam mengambil keputuan

Untuk Meningkatkan kualitas dan mendalami profesi ini kita dapat mengambil pendidikan lanjutan untuk mendapatkan gelar sertifikat Certified Financial Analyst (CFA). Program Chartered Financial Analyst (CFA®) merupakan sertifikasi professional yang ditawarkan oleh CFA Institute (www.cfainstitute.org)

Bussiness Analyst

Seorang Business Analyst harus memiliki kemampuan untuk menganalisa kebutuhan bisnis, menemukan Masalah bisnis, dan merumuskan solusi untuk perusahaan.

Seorang Bisnis Analis harus dapat mencari dan menemukan serta menganalisis fakta bisnis, mampu cepat mempelajari intregrasi masing masing departemen dalam perusahaan, mendeteksi kelalaian perusahaan sehingga perusahaan dapat terus bergerak maju sesuai visinya

Akuntan

Seorang yang bekerja sebagai akuntan secara umum bertugas untuk membuat laporan keuangan perusahaan.

Agar Karir akuntan semakin berkembang maka kita bisa mengambil program pendalaman profesi akuntan (PPAk) dan mengikuti ujian serifikasi baik itu Certified Management Accountant (CMA) di The Institute for Certified Management Accountants (ICMA) atau Certified Public Accountant (CPA) di Institute Akuntan Publik Indonesia (IAPI)

Auditor

Seorang yang berprofesi sebagai auditor bertugas untuk mengaudit atau mengevaluasi pekerjaan, organisasi, sistem maupun produk sesuai kriteria tertentu sehingga aktivitas didalam perusahaan terebut sudah sesuai dengan sistem yang telah dibuat perusahaan. 

Calon auditor harus memperoleh pendidikan formal di bidang akuntansi atau manajemen keuangan dan kemudian mengikuti pendidikan berkelanjutan tentang akuntansi dan auditing.

Misalnya dengan mengikuti program pendalaman profesi akuntan (PPAk) dan mengikuti ujian Certified Public Accountant dan atau Certified Internal Auditor.

Kemampuan teknis yang mumpuni akan semakin baik bila didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik, sikap positif, jujur, konsisten, disiplin, senang belajar sesuatu yang baru, tidak cepat merasa puas dan memiliki etika yang tinggi.

Ada dua macam auditor, yaitu internal auditor dan eksternal auditor. Internal auditor adalah auditor yang bekerja pada perusahaan tertentu.

Sedangkan eksternal auditor adalah auditor yang bekerja pada perusahaan yang menyediakan jasa audit independen.

Pada dasarnya kedua jenis profesi auditor tersebut memiliki persamaan, yaitu untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Yang membedakannya adalah hasil akhir auditnya. Auditor eksternal memberikan opini atas laporan keuangan perusahaan misalnya wajar atau tidak wajar.

Sedangkan internal auditor berdasarkan hasil dari auditnya ia akan memberikan saran perbaikan kepada pihak manajemen mengenai tingkat kepatuhan operasional perusahaan terhadap sistim pengendalian intern-nya dan pemerintah (departemen keuangan).

Baca juga : Pengertian Audit Kecurangan : Penyebab, Contoh, Indikator Kecurangan

SAP Applicaton Consultant

SAP Application Consultant atau SAP Functional Consultant adalah salah satu dari dua jenis konsultan SAP. Ada dua jenis konsultan di SAP, yaitu teknikal dan fungsional.

SAP Applicaton Consultant bertugas untuk fokus pada proses bisnis yang di implementasikan

Misalnya mengumpulkan user requirement, melakukan analisa, mendesain proses bisnis, dan menerapkannya di aplikasi SAP.

Seorang Functional Consultant harus paham mengenai proses bisnis suatu industri atau perusahaan.

Sehingga orang yang sesuai dengan profesi ini adalah mereka yang memiliki latar belakang pendidikan bisnis atau non-teknis, seperti akuntansi, keuangan dan manajemen.

SAP Functional Consultant ini dibagi-bagi lagi menjadi spesialis sesuai dengan modul yang ada di aplikasi SAP, seperti Financial, Controlling, Sales and Distribution, Material Management dan Business Warehouse.

Seseorang yang berlatarbelakang pendidikan manajeman, keuangan dan akuntansi sangat cocok menjadi seorang SAP Functional Consultant pada modul Financial atau Controlling (FI/CO).

Blogger

Dengan latar belakang ilmu yang dimiliki kita bisa memulai untuk menulis pengetahuan kita tentang ekonomi, akuntansi, keuangan, pajak dll tersebut ke dalam blog .

Selain latar belakang ilmu, kita juga harus mau mempelajari tentang cara membuat blog, cara menulis di dalam platform blog, cara Meningkatkan Penunjung blog dengan mempelajari SEO, dan terakhir jika sudah ramai pengunjung blog kita bisa mempelajari cara me-monetize blog kita

Banyak cara untuk melakukan monetize blog akuntansi kita, yaitu dengan affiliate produk keuangan, PPC seperti adsense, maupun membuat Produk digital seperti ebook, dll

[post_ads]

Forensik Auditor

Tugas seorang Forensik auditor adalah mengungkap kasus Fraud (kecurangan) pada lembaga tertentu sesuai dengan tempat tugas mereka. KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) juga menggunakan auditor forensik untuk mengungkap kasus-kasus korupsi

Jika tertarik menjadi auditor forensik, segera siapkan kemampuan psikologis, analisis, dan komunikasi yang baik selain ilmu akuntansi yang kita miliki.

Akuntan Pemerintah

Akuntan Pemerintah adalah orang-orang yang ada didalamnya adalah akuntan yang mengkhususkan dirinya untuk aset-aset pemerintah contohnya BPK.

Akuntan pemerintah ini menjadi lembaga yang independen untuk memeriksa instansi-instansi pemerintah.

Konsultan Pajak

Konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak membantu wajib pajak mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak. Dengan begitu, pihak yang menggunakan jasa tersebut dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Berikut beberapa tugas Konsultan Pajak:

  •     Mengurus Kepatuhan wajib pajak dalam menghitung, membayar dan melaporkan pajak
  •     Melakukan jasa perencanaan pajak
  •     Mengevaluasi beban pajak yang merugikan perusahaan klien
  •     Mewakili atau mendampingi klien saat pemeriksaan pajak
  •     Jasa konsultasi permasalahan perpajakan
  •     Membantu pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi)
  •     Memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak

Pendidik Akuntan

Tugas seorang pendidik AKuntan adalah pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengajaran merupakan tugas utama seorang pendidik, pengajaran dilakukan dengan tatap muka di kelas.

Proses pengajaran diharapkan menjadi sarana untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan pendidikan pada anak didiknya.

Penelitian juga merupakan tugas dari seorang akuntan pendidik, sehingga disamping melakukan pekerjaan mengajar, seorang pendidik juga dituntut untuk mampu melakukan penelitian sebagai sarana untuk menerapkan ilmu dalam praktek yang sesungguhnya.

Selain dua tugas tersebut seorang akuntan pendidik juga harus mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, hal tersebut dimaksudkan agar seorang pendidik tidak hanya mampu berkomunikasi dengan bidang ilmunya sendiri, namun juga harus mampu berkomuniksai dengan masyarakat luas.
16 PNS

Jurusan akuntansi selalu dibutuhkan di bidang kerja apapun, termasuk dalam pemerintahan. Setiap instansi pemerintah pasti membutuhkan pekerja dengan latar belakang akuntansi untuk menangani seluruh urusan keuangan.

Tak heran setiap pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil tersedia lowongan untuk jurusan akuntansi.

COMMENTS

Nama

Akuntansi,14,auditing,1,Bank,1,Bisnis,11,Bisnis Online,1,Etika,4,Forex,2,Karir,1,Kas,2,kepemimpinan,2,kuliner,1,Manajemen,8,Peluang Bisnis,8,Pengantar akuntansi,5,Sistem Informasi Akuntansi,1,support resistance,1,
ltr
item
Catatanlogi: 16 Peluang Kerja dan karir untuk Lulusan Akuntansi
16 Peluang Kerja dan karir untuk Lulusan Akuntansi
16 Peluang Kerja dan karir untuk Lulusan Akuntansi, peluang kerja konsultan pajak, peluang kerja auditor, peluang kerja akuntan, menjadi pengusaha
https://1.bp.blogspot.com/-TGkzPFdp9Bo/YBCroiu_c3I/AAAAAAAAoVI/9kfJ5Hh7aF4iApaNzrXgKfoTiePNqPeqgCLcBGAsYHQ/s320/16%2BPeluang%2BKerja%2Bdan%2Bkarir%2Buntuk%2BLulusan%2BAkuntansi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TGkzPFdp9Bo/YBCroiu_c3I/AAAAAAAAoVI/9kfJ5Hh7aF4iApaNzrXgKfoTiePNqPeqgCLcBGAsYHQ/s72-c/16%2BPeluang%2BKerja%2Bdan%2Bkarir%2Buntuk%2BLulusan%2BAkuntansi.jpg
Catatanlogi
https://www.catatanlogi.com/2021/01/peluang-kerja-akuntansi.html
https://www.catatanlogi.com/
https://www.catatanlogi.com/
https://www.catatanlogi.com/2021/01/peluang-kerja-akuntansi.html
true
6861087664630502570
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy